Selasa, 23 Oktober 2012

Obyek Wisata Taman Balekambang Kota Solo



Obyek Wisata Taman balekambang adalah bangunan rumah yang ada diatas air. Dengan pesona yang luar biasa taman balekambang adalah sejenis villa buat kelompok kaum berada era yang dahulu. Ada beberapa obyek wisata yang menyerupai maupun memakai gaya arsitektur demikian. Di yogyakarta ada Balekambang di pesanggrahan Ambarukmo sedangkan di solo berada di belakang stadion Manahan solo atau di jalan Ahmad yani yang adalah sisa peninggalan istana mangkunegaran.

Taman Balekambang dibuat pada tahun 1921 oleh KGPAA Mangkunegara VII diatas tanah seluas 9,8 Ha, dan mulanya taman ini dibangun untuk kedua putrinya yaitu GRAy Partini Husein Djayaningrat dan GRAy Partinah Sukanto sehingga figure keduanya menjadi spot yang menakjubkan ditaman yang yang luas tersebut yakni kedua patung putri dari KGPAA Manguknegara VII yang pertama berada ditengah kolam sedangkan satunya lagi berada ditengah –tengah air mancur. 

Taman Balekambang  terbagi dalam dua bagian yakni Partini Tuin dan Partinah Bosch. Partini tuin merupakan kolam penampungan air saat ini berfungsi ebagai wisata air dengan perahu. Sedangkan Partinah bosch merupakan lingkup hijau yakni sebagai paru paru kota dimana berbagai tanaman dan pohon langka. Tempat inindulunya hanya merupakan tempat wisata keluarga mangunegaran namun semasa  KGPAA Mangkunegara VIII tempat ini dibuka untuk umum.

Keberadaan taman balekambang di solo ini menjadi tempat publik dan kini Unit pelaksana teknis dinas kebudayaan dan pariwisata kota solo yang mengelolanya. Oleh pengelola saat ini dilengkapi dengan sarana outbond untuk lebih menarik pengunjung. Bahkan ketersediaan gedung serbaguna sering dimanfaatkan penduduk sebagai tempat resepsi pernikahan maupun pertunjukan seni. Didalam balekambang dapt dijumpai foto-foto raja solo dan juga di taman ini dipelihara rusa jinak yang bisa di ajak bermain oleh pengunjung. Ataupun pengunjung bisa menikmati air mancur dengan airnya yang menyegarkan.  

Balekambang memiliki beragam arsitektur unik, yang dapat menjadi satu pemandangan untuk pencinta seni. Akses ke Taman ini sangat gampang dari terminal tirtonadi anda tinggal naik becak maupun angkutan umum yang menuju arah balekambang dan dapat turun didepan taman. Untuk menikmati segala yang ada di balekambang pelancong tidak dipungut biaya. Akan tetapi perlu diingat saja bahwa keberadaan taman ini supaya terjaga maka anda harus menjaga kebersihan.

Demikianlah sekelumit kisah tentang obyek wisata taman balekembang yang admin ketahui, Baca juga artikel lainnya pada blog ini yaitu, eloknya Pantai Kartini Jepara Jateng, eloknya Objek Wisata Pantai Kuta, dan sebagainya, atas perhatiannya admin ucapkan banyak terima kasih.

◄ Newer Post Older Post ►