Senin, 08 April 2013

Lezatnya Makan Mie Ongklok Longkrang DiWonosobo

Lezatnya Makan Mie Ongklok Longkrang DiWonosobo


Lezatnya Makan Mie Ongklok Longkrang DiWonosobo - Bila kita berwisata ke Wonosobo atau ingin mengunjungi dataran tinggi Dieng, sayang sekali bila Anda mesti melewatkan nikmatnya semangkuk Mie Ongklok khas Wonosobo. 

Yah, Mie Ongklok adalah salah satu makanan populer khas Wonosobo. Kuliner yang rasanya yang unik dan lezat ini begitu memanjakan lidah para pengunjungnya.

Salah satu Mie Ongklok yang paling terkenal di Wonosobo, adalah Mie Ongklok Longkrang milik Waluyo yang terletak di Jalan Pasukan Ronggolawe no. 14 Wonosobo. Lokasinya sangat mudah dijangkau, bila dari alun-alun Wonosobo kurang lebih 1 KM menuju arah Dieng.

Usaha Waluyo yang telah berdiri sejak 1975 ini memiliki resep yang berbeda dari yang lain. Konon resep Mie Ongklok buatannya tersebut asli dari jaman dulu dan sudah turun temurun dari nenek moyang. Tak heran jika usaha Mie Ongklok yang berusia puluhan tahun ini banyak di pesan oleh berbagai negara seperti Rusia, Belgia, Belanda juga Amerika. Bahkan Mie Ongklok Longkrang ini menjadi tempat favorit untuk berkuliner bagi para turis, selebriti mancanegara bahkan para pejabat tinggi seperti Bapak Susilo Bambang Yodhuyono, Budiono, dan masih banyak lagi.

Kemudian apa sih rahasia kenikmatan dari Mie Ongklok ini? Komposisi Mie Ongklok ini terdiri dari mie, kol, dan kucai yang dicampur dengan bumbu kacang lalu diberi kuah jenang. Kuah jenang sendiri terbuat dari bahan dasar gula jawa, ebi, pati, juga rempah-rempah yang diolah. Sesudah bumbu kacang dan kuah jenang dicampur lalu di ongklok (diaduk), tidak lupa diberi kecap, merica, dan bawang goreng. Buat memperoleh hidangan yang lebih sempurna, Mie Ongkok pun bisa dinikmati dengan lauk pendamping seperti sate sapi, tempe kemul, dan aci goreng. 

Ayo kepenginkan? coba saja Mie Ongklok Longkrang yang mantap ini? Anda tak perlu khawatir.Harganya cukup terjangkau dan sangat murah. Buat 1 porsi, Anda cuma perlu merogoh kocek Rp 5 ribu saja dengan 1 porsi sate sapi berisi 10 tusuk dengan harga Rp 15 ribu.

◄ Newer Post Older Post ►